Kamis, 23 Januari 2014

Buku PEDAGOGI KRISIS: SEJARAH,PERKEMBANGAN DAN PEMIKIRAN

Buku PEDAGOGI KRISIS: SEJARAH,PERKEMBANGAN DAN PEMIKIRAN ini bertujuan menjelaskan beberapa hal penting. Pertama, menjelaskan sejarah dan akar historis munculnya pedagogi kritis. Kedua, menjelaskan dinamika dan perkembangannya. Ketiga, mendiskusikan peta pemikiran pedagogi kritis yang membahas pemikiran tokoh-tokoh pedagogi kritis mulai dari Paulo Freire, John Dewey, Ivan Illich, Mazhab Frankfurt (Theodore Adorno, Herbert Marcuse, Max Horkheimer, Erich Fromm), Henry Giroux, Michael W Apple, Ira Shor, Stanley Aronowitz, Peter McLaren, Joe Kincheloe, Bell Hooks, Douglass Kellner, Carlos Alberto Torres, Antonia Darder. Buku ini berupaya mendorong ruang diskursus dalam ranah pedagogi kritis di Indonesia. Dinamika pedagogi kritis di Indonesia tertinggal dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya. Buku ini didukung dengan referensi pustaka yang signifikan dalam pengayaan penulisan. Buku ini berupaya menjembatani dialog konstruktif pedagogi kritis dalam berbagai perdebatan di arena akademik-intelektual. Buku ini juga berupaya merawat dan menyegarkan tradisi pemikiran Freire yang menjadi perintis dan peletak dasar pedagogi kritis.


Buku PEDAGOGI KRISIS: SEJARAH,PERKEMBANGAN DAN PEMIKIRAN yang Anda baca ini menelusuri pedagogi kritis dari karya Paulo Freire hingga saat ini. Buku ini ditulis dengan tujuan membawa prinsip pedagogi kritis kepada pembaca di Indonesia. Buku ini berfokus pada sejumlah penulis terutama dari utara yang telah maju dan mengembangkan pedagogi kritis. Dalam Kata Pengantar ini, saya kembali ke wilayah selatan, khususnya Republik Bolivarian Venezuela. Dalam rangka untuk memastikan pedagogi kritis apa di Indonesia, Amerika Serikat dan di tempat lain dapat belajar tentang pendidikan. Baik umum maupun di lembaga-lembaga, seperti sosialisme abad ke-21 yang berkembang di negara tersebut. Saya berpendapat bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk membawa sosialisme abad ke-21 ke lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia dan di tempat lain untuk mengajar Marxisme dan sosialisme abad ke-21 di sekolah (Malott, Cole dan Elmore (eds.), 2012).

Prof. Mike Cole, Ph.D
Professor Emeritus of Education and Equality Bishop Grosseteste - University Lincoln-Inggris

Buku PEDAGOGI KRISIS: SEJARAH,PERKEMBANGAN DAN PEMIKIRAN ini menandai sebuah publikasi signifikan secara global. Rakhmat Hidayat telah berani berkumpul bersama beberapa intelektual awal dan pendukung pedagogi kritis dan membawanya ke masyarakat Indonesia. Subjek lama dari kekuasaan kolonial dan penindasan, masyarakat Indonesia akan dengan mudah mengidentifikasi dan memahami perlunya pedagogi kritis di dunia kita. Sebagai masyarakat yang dimanipulasi oleh kekuatan pendudukan asing dan kolonisasi, masyarakat Indonesia juga  akan mengakomodir diskusi dan filosofi pemberdayaan. Ini adalah hormat terdalam saya untuk rakyat Indonesia, bahwa saya mengundang mereka untuk membaca karya Rakhmat Hidayat, yang merupakan seorang pekerja budaya kritis ... dan membawa ke negara tercintanya, filsafat dan pengajaran yang merupakan dasar dari apa yang kita sebut pedagogi kritis.


Prof. Shirley R. Steinberg, Ph.D

Professor of Youth Studies, University of Calgary, Canada





Buku PEDAGOGI KRISIS: SEJARAH,PERKEMBANGAN DAN PEMIKIRAN
     
BUKU PEDAGOGI KRISIS: SEJARAH,PERKEMBANGAN DAN PEMIKIRAN

Pengarang: Rakhmat Hidayat

Halaman: 362

Harga: Rp. 74.000
        


0 komentar:

Posting Komentar