Rabu, 23 Juni 2021

Model Pembelajaran CIPS (Creative, Independent, Problem Solving) penulis Erni Munastiwi



    Model Pembelajaran CIPS
    (Creative, Independent, Problem Solving)
    Erni Munastiwi

    Ukuran       : 15,5 x 23 cm
    Halaman    : 244 hal
    ISBN           : 978-623-231-705-5
    Cetakan      : 2020


    Kreativitas merupakan kemampuan yang seharusnya dengan kualitas pembelajaran khususnya dan pendidikan umumnya. Guru kreatif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain kreativitas, kemandirian dan kemampuan menyelesalkan masalah harus dimiliki semua guru. 

    Buku ini penting khususnya bagi guru, karena dapat digunakan sebagai referensi untuk menambah pengetahuan dalam mengajar. Kreativitas, kemandirian dan problem solving merupakan kemampuan yang harus dimiliki guru dari berbagai tingkat satuan pendidikan, mulai tingkat pendidikan anak usia dini sampai dengan pendidikan tingkat menengah atas. Kreativitas seharusnya selalu hadir mulai dari persiapan mengajar atau menyusun perencanaan pembelajaran, pelaksanaan sampal dengan penilaian pembelajaran. Disamping itu, kemandirian seharusnya juga dimiliki mampu mandiri dalam hal memutuskan sebuah keputusan ketika mengalami hambatan dalam persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Misalkan ketersediaan sarana atau media terbatas untuk mendukung pembelajaran. Guru tidak selalu tergantung fasilitas sarana atau media dari sekolah, yayasan atau pemerintah. Demikian halnya, kemampuan problem solving dalam segala hal terkait pembelajaran, harus dapat diselesaikan oleh guru. 

    Buku ini membahas 10 Bab berikut: Bab 1 tentang pemahaman pendidikan dan kompeterisi guru menjelaskan konsep pendidikan, pendidikan dan kormpetensi guru, serta kompetensi guru dalam realita. Bab 2 tentang belajar dan pembelajaran menjelaskan konsep belajar, konsep pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. Bab tentang pembelajaran berbasis CIPS merijelaskan pembelajaran berbasis CIPS: sebuah alternatif, mengenal pembelajaran creative, mengenal pembelajaran independent, mengenal pembelajaran problem solving. tentang urgensi pembelajaran berbasis CIPS menjelaskan urgensi bagi siswa dan urgensi bagi guru, Bab 5 tentang kesiapan guru dalam pembelajaran berbasis CIPS. Bab tentang pra perencanaan pembelajaran berbasis CIPS menjelaskan memahami kondisi siswa, memahami kondisi sekolah, penentuan tujuan pembelajaran dan sumber-sumber pem- belajaran. Bab 7 tentang perencanaan pembelajaran berbasis CIPS menjelaskan persiapan dan pengembangan rencana belajar, strategi pembelajaran dan alat-alat penilaian. Bab 8 tentang pengorganisasian pembelajaran berbasis CIPS menjelaskan pengaturan penerapan, perslapan infrastruktur dan persiapan media. Bab 9 tentang pelaksanaan pembelajaran berbasis CIPS menjelaskan langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran berbasis CIPS dan keterampilan dasar guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Bab 10 tentang evaluasi pembelajaran berbasis CIPS menjelaskan pengertian evaluasi pembelajaran, penilaian hasil belajar dan evaluasi program pembelajaran. 
    
    Pembeda buku ini dengan buku lainnya adalah ditulis dari hasil penelitian. Adapun penelitian ini termasuk kategori Peneltian Kolaboratif Internasional (Asia Tenggara) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sunan Kalijaga tahun 2019. Tempat penelitian sekolah perbatasan Indonesia dan Malaysia. Metodologi menggunakan pendelcatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen. 
    
    Peneliti melakukan penelitian kolaborasi dengan beberapa peneliti Perguruan Tinggi di Malaysia. Kesimpulan hasil penelitian bahwa permbelajaran model CIPS efektif mengem- bangkan profesionalisme guru.

DAFTAR ISI 
DAFTAR TABEL 
DAFAR GAMBAR 
PENDAHULUAN 

BAB 1 PEMAHAMAN PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI GURU
 
A. Konsep Pendidikan 
B. Pendidikan dan Kompetensi Guru 
1. Kompetensi Pedagogik 
2. Kompetensi Profesional 
3. Kompetensi Kepribadian 
4. Kompetensi Sosial 
C. Kompetensi Guru dalam Realita 

BAB 2 BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 

A. Konsep Belajar 
B. Konsep Pembelajaran 
C. Manajemen Pembelajaran 

BAB 3 PEMBELAJARAN BERBASIS CIPS
 
A. Pembelajaran Berbasis CIPS: Sebuah Alternatif 
B. Mengenal Pembelajaran Creative 
C. Mengenal Pembelajaran Independent 
D. Mengenal Pembelajaran Problem Solving 
E. Pembelajaran Berbasis CIPS 

BAB 4 URGENSI PEMBELAJARAN BERBASIS CIPS 

A. Urgensi bagi Siswa 
B. Urgensi bagi Guru 

BAB 5 KESIAPAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS CIPS 

BAB 6 PRA PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS CIPS 

A. Memahami Kondisi Siswa 
B. Memahami Kondisi Sekolah 
C. Penentuan Tujuan Pembelajaran 
D. Sumber-sumber Pembelajaran  

BAB 7 PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS CIPS 

A. Persiapan dan Pengembangan Rencana Belajar 
B. Strategi Pembelajaran 
C. Alat-alat Penilaian 

BAB 8 PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN BERBASIS CIPS
 
A. Pengaturan Penerapan 
B. Persiapan Infrastruktur 
C. Persiapan Media
 
BAB 9 PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS CIPS
 
A. Langkah-Langkah Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis CIPS 
B. Keterampilan Dasar Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran 

BAB 10 EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS CIPS 

A. Pengertian Evaluasi Pembelajaran 
B. Penilaian Hasil Belajar 
1. Pengertian Penilaian Hasil Belajar 
2. Penilaian oleh Guru 
3. Penilaian Pembelajaran dalam KTSP 
4. Penilaian Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 
5. Model Penilaian Pembelajaran 
C. Evaluasi Program Pembelajaran 
1. Tujuan dan Manfaat Evaluasi Pembelajaran 
2. Model-model Evaluasi Pembelajaran 

DAFTAR PUSTAKA 
GLOSARIUM
INDEX
BIODATA PENULIS 


 

0 komentar:

Posting Komentar